Selasa, 12 Februari 2013

Tindakan Kecil Bermakna Besar

Hampir semua kita pasti pernah mendengar kerusakan ozon, pemanasan global ataupun hancurnya gletser di kutub. Juga banyak lagi kerusakan alam dewasa ini, wangi bunga yang semakin berkurang, warna bulu burung yang berubah dan besar tubuh domba yang semakin berkurang tiap tahunnya.
Dan setiap kita juga pasti tahu bahwa banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi ini. Hanya tindakan kecil, tetapi apabila setiap kita setia melakukannya maka sedikit banyak bumi kita akan bertahan lebih lama.
Misalnya dengan mencabut charger, komputer atau televisi dari sambungan listrik apabila sudah tidak digunakan. Karena apabila tetap tersambung, arus listrik tetap mengalir walaupun voltasenya kecil.
Jangan terlalu banyak menggunakan tissue, karena dapat menyelamatkan pohon di hutan kita. Lebih baik menggunakan sesuatu yang masih bisa digunakan berulang kali, seperti kain atau kanebo.
Kalau bisa, menggunakan air secukupnya, jangan membiarkan air mengalir ketika kita mencuci piring.
Matikan lampu kalau memang tidak digunakan. Seperti di kamar mandi ataupun lampu jalan yang ada di dekat rumah kita.
Bisa juga dengan menanam pohon/tanaman di pekarangan rumah (buat yang punya pekarangan). Jadi setiap ada sampah organik seperti kulit buah-buahan, sisa-sisa membersihkan sayuran, ataupun dedaunan dibuang disekitar pohon tanaman tersebut. Selain menjadi pupuk buat tanaman, kita juga sudah turut serta memisahkan sampah organik dan non organik. Sedang kalau kita buang ke tong sampah, kemungkinan besar sampahnya akan dibakar.
Hal lain yang bisa kita lakukan adalah membuang sampah pada tempatnya. Selain untuk menjaga kebersihan, hal ini juga dapat mengurangi polusi tanah.
Hal lain yang tidak kalah penting adalah mengurangi penggunaan kantong plastik. Seminimal mungkin kita usahakan membawa kantong plastik sendiri ketika pergi belanja. Karena mikroorganisme butuh waktu ratusan tahun untuk menguraikannya.
Bukan menggurui, hanya sekedar mengingatkan karena setiap kita turut berperan dalam menentukan masa depan bumi ini. Apakah kita menyelamatkan, memperburuk atau membiarkan semuanya berjalan begitu saja.
Semua pilihan ada pada kita. Kalau kita tidak bisa ikut serta menyelamatkannya, minimal jangan ikut merusaknya, demi bumi yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar