Jumat, 09 November 2012

Sistem Pencernaan

                     SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA
    Sistem pencernaan makanan terdiri dari saluruan pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan terdiri atas mulut, faring, kerongkongan, lambung, usus halus (duodenum, jejenum, dan ileum), usus besar (kolon dan rektum), dan anus. Kelenjar pencernaan terdiri atas kelenjar ludah, kelenjar getah lambung, kelenjar pankreas, dan kelenjar usus halus.
    Pencernaan mekanik dan penceraan kimiawi
    Pencernaan secara mekanik dilakukan oleh gigi pada waktu makanan di kunyah di dalam mulut.
    Pencernaan secara kimiawi dilakukan oleh enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kelenjar pencernaan.
    Makanan yang diperlukan tubuh manusia dibedakan menjadi dua macam yaitu: makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutrien (vitamin dan mineral) selain itu makanan juga harus mengandung hal lain, yaitu: air dan serat makanan.
    Fungsi makanan adlah sebagai penghasil energi, mengganti dan memelihara sel-sel tubuh yang rusak atau telah tua, pertahanan tubuh terhadap berbagai macam penyakit, mengatur proses-proses tubuh, misalnya: menjaga keseimbangan cairan tubuh
    Kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan antara lain:
    Diare, merupakan keadaan buang air besar yang terjadi terlalu sering dengan feses mengandung banyak air, penyebabnya antara lain: peradangan usus, mikrobam keracunan atau tidak tahan terhadap makanan tertentu
    Apendisitis, merupakan radang pada usus buntu yang disebabkan infeksi oleh bakteri.
    Tukak lambung (maag),terjadi luka pada lapisan lambung / usus 12 jari yang terjadi karena produksi asam lambung yang berlebih.
    Sembelit, terjadi bila buang air besar lambat yang disebabkan penyerapan air di usus besar berlebihan sehingga feses menjadi kering dan keras.
    Gastritis, terjadi peradangan pada membran mukus yng melapisi dinding lambung. Penyebabnya bisa oleh elergi makanan, alkohol, obat-obatan, racun dan bakteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar